Apa sih JAWS itu ?

JAWS (Job Access With Speech) adalah sebuah pembaca layar (screen reader) yang merupakan sebuah piranti lunak(software) yang berguna untuk membantu penderita tunanetra menggunakan komputer.JAWS diproduksi oleh the Blind and Low Vision Group (Freedom Scientific) di St. Petersburg, Florida, USA.

JAWS sengaja dibuat untuk penderita tunanetra dan orang-orang yang menderita kelemahan dalam penglihatan (low vision), sehingga mereka mudah menggunakan Microsoft Windows secara personal. Dengan alat ini penderita tunanetra dan lemah penglihatan akan mudah dalam mengakses komputer, bahkan bisa melepaskan ketergantungan pada orang lain dalam menggunakan komputer.

JAWS dilengkapi dengan layar yang memiliki kemampuan untuk melafalkan teks (text-to-speech), selain itu keyboard yang digunakan juga lebih komprehensif dengan kemampuan berinteraksi dengan monitor. JAWS juga dapat dimanfaatkan penggunaanya untuk membuat script dengan JAWS Scripting Language, yang dapat digunakan untuk mengubah jumlah dan tipe informasi yang bisa dipresentasikan dengan banyak aplikasi.

Salah seorang tunanetra yang memiliki impian yang besar, juga telah memanfaatkan fasilitas JAWS ini. Dia tidak mengeluh dengan kekurangan yang dia miliki, tetapi dia terus gigih berjuang meraih impiannya. Dialah Eko Ramaditya Adikara. Berkat kegigihan dan dukungan dari kedua orang tuanya, dia berhasil menjadi komposer soundtrack musik game yang terkenal. Salah satu musik game yang tidak asing bagi kita adalah “Mario Bross”. Beliau adalah Pencipta dari musik tersebut. Beliau juga merupakan ketua dari perkumpulan tunanetra se-Asia. Pria kelahiran 1981 ini juga dapat mengetik 60 kata per-menit tanpa membuat kesalahan, subhanallah !!!

Ramaditya

Iklan