“MOBILE E-EDUCATION” SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN VIA MOBILE

Dewasa ini pengguna handphone semakin banyak. Bahkan handphone seperti sebuah kebutuhan pokok yang hampir setiap orang memilikinya. Hal tersebut memang wajar mengingat dengan handphone antara orang yang satu dengan yang lain dapat berkomunikasi jarak jauh tanpa harus bertatap muka, sehingga lebih efisien dan hemat waktu.
Semakin banyaknya pengguna handphone tersebut membuat para vendor handphone saling bersaing mengembangkan teknologi mobile-nya guna meningkatkan kinerja produk. Hasilnya sekarang di pasaran bermunculan handphone dengan teknologi canggih yang sudah memiliki kemampuan layaknya sebuah komputer. Dengan handphone sekarang kita dapat berinternet ria, mengirim email, membuka file-file dokumen seperti word,excel, dan lain-lain. Perkembangan tersebut tentu saja memberikan kontribusi positif baik bagi produsen maupun konsumen. Bagi konsumen, mereka mendapatkan produk yang berkualitas dengan kinerja yang memuaskan. Sedangkan bagi produsen sendiri, mereka diuntungkan karena produk yang mereka hasilkan laku di pasaran.

Tetapi untuk terus memberikan kualitas yang terbaik itu tidaklah mudah, seorang produsen handphone harus terus berinovasi dan mengembangkan kualitas produknya agar tidak kalah bersaing dengan produk-produk handphone lain dalam memberikan service terbaik bagi konsumen.
Dengan semakin canggihnya teknologi mobile membuat teknologi mobile ini mendominasi hampir di seluruh bidang kehidupan, mulai dari Business and Commerce, Learning Education, hingga Social Networking.
Di sektor pendidikan (Learning Education), pemanfaatan mobile sebagai media edukasi masih sedikit. Hal tersebut dikarenakan minat pengguna ponsel terhadap aplikasi-aplikasi pendidikan masih sedikit. Sehingga perkembangan aplikasi-aplikasi mobile education pun juga tidak secepat perkembangan aplikasi-aplikasi mobile yang populer seperti mobile-games. Hal itu sungguh memprihatinkan. Kita sebagai generasi muda seharusnya lebih menyukai aplikasi-aplikasi pendidikan daripada games, tetapi yang terjadi justru sebaliknya. Jika keadaan tersebut terus dibiarkan begitu saja, kelak akan jadi apakah generasi pemuda kita ini ?, apa yang bisa diharapkan ?
Melalui aplikasi Mobile E-Education ini, diharapkan dapat mempermudah pengguna dalam mengakses materi pendidikan. Materi pendidikan dikemas sedemikian rupa sehingga menarik minat pembaca. Disamping itu juga disediakan fitur games edukasi yang tentunya menantang dan dapat mengasah kemampuan berpikir.

untuk versi pdf bisa didownload disini

author : arif

research on the blog

Iklan