Crim, Solusi Menghitung Tepat Dengan Berpikir Mandiri

Seringkali kita mengalami kesulitan dalam menghitung beberapa operasi bilangan. Misalnya menjumlahkan banyak bilangan, sering kita mengalami kesulitan. Hal tersebut sebenarnya dapat diatasi kalau kita mau berpikir tidak seperti biasa.

Crim (Creative Methods), demikian istilah ini penulis gunakan untuk menyebut cara berpikir yang tidak seperti biasa dalam operasi perhitungan. Inti dari metode ini adalah kita mencoba membebaskan pikiran kita dalam berhitung, tanpa perlu terikat dengan aturan-aturan yang ada. Sehingga kita menjadi kreatif dan dapat menciptakan metode-metode baru dalam berhitung dengan lebih cepat dan hasil yang tepat.

Sebagai contoh bila biasanya kita menggunakan metode menghitung dari kanan ke kiri, maka coba ubah kebiasaan itu dengan mulai beralih menghitung dari kiri ke kanan. Seperti berikut ini :

12+13=20+5=25

Hasilnya sama seperti kita menghitung dari kanan ke kiri, tetapi cara berpikir terbalik tersebut justru akan memudahkan kita dalam mengingat. Sehingga jika kita sudah terbiasa dengan cara berpikir seperti itu, kita akan dapat menghitung lebih cepat bahkan tanpa menggunakan alat bantu kalkulator maupun menuliskannya terlebih dahulu.

Contoh lain pada kuadrat bilangan 2 digit berkelipatan 5, ada cara yang mudah :

(35)2 = digit kiri*(digit kiri+1) digabung 52 = 3*(3+1) digabung 25 = 1225

Dalam menghitung banyak deret bilangan, kita juga tak perlu terpaku pada rumus yang ada. Cukup dengan sedikit berpikir kreatif kita dapat menyelesaikannya.

Contoh :

1+2+..+10 = ?

Untuk menyelesaikannya mudah :

Berdasarkan fakta, dari banyak deret tersebut ternyata ada 4 pasang bilangan yang bila dijumlahkan hasilnya sama yaitu 1+9,2+8,7+3,6+4, dari keempat pasang bilangan tersebut kita dapat hasil 40, tinggal kita tambahkan dengan 10 dan 5, jadi hasilnya 55.

Dari logika tersebut kita dapat tarik kesimpulan, untuk mencari deret seperti itu kita dapat gunakan cara : ½*(bilangan terakhir)2 +½*bilangan terakhir .

Demikian, ternyata kalau kita mau berpikir kreatif maka kita akan mendapatkan cara menghitung yang cepat dan mudah sesuai gaya piker kita masing-masing.

untuk versi pdf bisa didownload disini

Author : arif

research on the blog

Iklan

Tentang arifrohmadi

Mahasiswa Informatika yang berusaha untuk menjadi lebih baik dan lebih baik lagi serta dapat berbagi dan bermanfaat bagi orang lain
Pos ini dipublikasikan di research dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s