Migrate to Linux OS

linuxBosan berurusan dengan virus ?, komputer sering hang ataupun sering bermasalah ?, menggunakan linux OS merupakan salah satu solusi yang cukup realistis. Linux merupakan OS free lisence (gratis) yang dapat didistribusikan secara bebas tanpa harus membayar lisensi.
Dibandingkan dengan OS windows, linux memiliki beberapa kelebihan yang tak kalah hebat. Bila kita menggunakan OS windows, seringkali kita mengalami eror ditengah kerja, ataupun sering terkena virus sehingga kita harus install ulang jika benar-benar tidak dapat diperbaiki. Belum lagi biaya untuk pembelian lisensi windows yang tergolong cukup mahal.

Dengan adanya linux, tentunya sangat membantu sekali. Di linux penyebaran virus belum sebrutal seperti di OS windows. Sebab tidak semua program .exe dapat berjalan di linux. Disamping itu pengguna linux juga masih tergolong sedikit.

Akan tetapi bila anda ingin benar-benar dapat bekerja stabil dengan komputer anda, maka linux merupakan pilihan yang tepat. Sebab ketika bekerja di linux, tidak akan pernah dijumpai crash dengan alasan yang tidak jelas seperti pada windows. Linux OS juga sudah banyak yang men-support. Untuk penginstalan program, tidak perlu membeli satu per satu seperti pada windows, cukup dengan download sendiri ataupun dari CD repository linux.
Ke depan pengguna linux dipastikan akan terus bertambah banyak, mengingat juga berkaitan dengan hak cipta. Disamping itu perkembangan linux kedepan akan semakin canggih. Hal tersebut terlihat dari banyaknya komunitas yang saling bekerjasama dalam pengembangan OS linux ini.
Source code dari linux ini dapat dilihat oleh user, berbeda dengan OS windows yang bersifat closed source. Jadi, jika anda memiliki keahlian dalam pemrograman, maka anda akan dapat mengubah atau bahkan menciptakan distro linux sendiri.
Namun bagi yang belum terbiasa menggunakan OS linux perlu membiasakan diri terlebih dahulu. Jika sudah terbiasa, maka menggunakan linux juga akan familiar layaknya menggunakan windows OS.

untuk versi pdf bisa didownload disini

author : arif

research on the blog

Iklan