Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Siswa dengan Fun English

Banyak siswa sekolah SD, SMP, dan SMA yang sering mengeluh sulit dalam memahami pelajaran bahasa inggris. Apa penyebabnya ?, penyebabnya tidak lain adalah Guru dalam memberikan pelajaran cenderung ke teoritis, sementara di praktis masih dirasa kurang.
Dalam pengucapan saja misalnya, siswa sering bingung untuk membedakan pengucapan antara kata yang satu dengan kata yang lain, seperti membedakan kata “food” dengan “foot” atau kata “full” dengan “fool”.
Untuk mengatasi kekurangan tersebut, perlu adanya program tambahan bagi siswa agar siswa lebih memahami dan enjoy dalam belajar bahasa inggris. Penulis menyebut program ini sebagai Fun English. Konsep dari program ini adalah guru memberikan jam tambahan khusus untuk penguasaan pengucapan (Pronounciation).

Dengan adanya jam tambahan khusus untuk Pronounciation, diharapkan siswa akan lebih percaya diri dan senang berbicara menggunakan bahasa inggris. Bila siswa sudah familiar, maka ditingkatkan dengan conversation. Mula-mula diadakan conversation pada saat jam tambahan tersebut. Fungsi dari conversation tersebut adalah untuk menjaga penguasaan bahasa inggris.
Disamping itu, jika memungkinkah diadakan hari bahasa inggris, dimana pada hari yang ditentukan, siswa dan guru diharuskan menggunakan bahasa inggris untuk saling berkomunikasi.
Jika hal tersebut diterapkan dengan baik, maka bahasa inggris akan menjadi sebuah kebiasaan sehingga akan mudah untuk dipelajari. Pada tahap lanjut, pelajaran pun dapat menggunakan referensi buku-buku berbahasa inggris. Dengan referensi buku-buku berbahasa inggris, para siswa akan lebih terasah kemampuannya dan lebih mengetahui cara berpikir orang barat. Sehingga kreativitas dan inovasi mereka juga akan semakin berkembang.

untuk versi pdf bisa didownload disini

author : Arif

research on the blog

Iklan

Tentang arifrohmadi

Mahasiswa Informatika yang berusaha untuk menjadi lebih baik dan lebih baik lagi serta dapat berbagi dan bermanfaat bagi orang lain
Pos ini dipublikasikan di research dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s