Cara Cepat Mahir Mengetik 10 Jari

Untuk apa belajar mengetik dengan menggunakan 10 jari kalau sebenarnya kita dapat saja mengetik dengan ’11’ jari untuk pekerjaan sehari-hari ? Mungkin pertanyaan itu sering terlontar dalam benak kita.
Memang untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan kita sehari-hari mungkin sekarang ini kita belum membutuhkan kecepatan dan kepandaian dalam mengetik. Tetapi suatu saat apabila kita dihadapkan pada suatu keadaan baru, dimana kecepatan merupakan suatu tuntutan, maka mengetik 10 jari dengan cepat dan tepat adalah sebuah keharusan. Misalnya ketika kita dihadapkan pada tugas untuk membuat suatu makalah yang banyak, kemudian besoknya harus dikumpulkan padahal malamnya kita baru mendapatkan bahan-bahan untuk mengerjakannya. Dengan mengetik cara biasa tentu pekerjaan tersebut sangat menyusahkan, mungkin kita jadi harus bergadang semalaman untuk menyelesaikannya. Kebiasaan itu tentu tidak baik bagi tubuh kita jika terus-terusan dilakukan. Dengan mengetik lebih cepat, akan mengefisienkan waktu, dan kita dapat menyelesaikan tugas dengan lebih cepat.
Bagaimana sih biar cepat mahir mengetik 10 jari ?, pertanyaan yang bagus. Terlebih dahulu agar cepat mahir mengetik 10 jari adalah niat. Asalkan ada niat dan kemauan yang kuat, maka belajar akan lebih cepat dan mudah. Kemudian syarat yang kedua, pantang menyerah. Jangan mudah menyerah bila mengalami kegagalan. Terus bangkit dan pantang menyerah. Terakhir ikuti petunjuk yang ada.

Pertama untuk mahir mengetik 10 jari, terlebih dahulu kita harus tahu posisi jari yang tepat. Lihat gambar dibawah ini :
mengetik 1

mengetik 2

Tangan Kiri
Jari Kelingking : Baris Pertama = ‘ dan 1
Baris Kedua = Tab dan Q
Baris Ketiga = Capslock dan A
Baris Keempat = Shift kiri dan Z
Baris Kelima = Ctrl dan Windows
Jari Manis : Baris Pertama = 2
Baris Kedua = W
Baris Ketiga = S
Baris Keempat = X
Jari Tengah : Baris Pertama = 3
Baris Kedua = E
Baris Ketiga = D
Baris Keempat = C
Jari Telunjuk : Baris Pertama = 4 dan 5
Baris Kedua = R dan T
Baris Ketiga = F dan G
Baris Keempat = V dan B
Ibu Jari : Baris Kelima = Alt kiri dan Spasi

Tangan kanan
Ibu Jari : Baris Kelima = Alt kanan dan Spasi
Jari Telunjuk : Baris Pertama = 6 dan 7
Baris Kedua = Y dan U
Baris Ketiga = H dan J
Baris Keempat = N dan M
Jari Tengah : Baris Pertama = 8
Baris Kedua = I
Baris Ketiga = K
Baris Keempat = ,
Jari Manis : Baris Pertama = 9
Baris Kedua = O
Baris Ketiga = L
Baris Keempat = .
Jari Kelingking : Baris Pertama = 0, -, = dan BackSpace
Baris Kedua = P, [ dan ]
Baris Ketiga = , ;, ‘ dan Enter
Baris Keempat = / dan shift kanan.

Coba saja mengetik asal-asalan untuk membiasakan diri dengan posisi jari tersebut. Jika sudah terbiasa dengan posisi jari tersebut, anda dapat meningkatkan skill anda dengan mengecek speed mengetik pada situs mengetik cepat

Referensi : Modul Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Depdiknas 2005

uns blogfest 1.0

Iklan