HUT ke-1 KOMmMBIS

Dalam rangka memperingati  HUT ke-1 KOMmMBIS (Komunitas Mahasiswa Memulai dan Mengembangkan Bisnis), tepatnya 17 Agustus 2010, KOMmMBIS mengadakan acara yang luar biasa dan Gratiiiiiiiiiiis..

KoMMMBis

Acara yang diadakan di Gedung Serba Guna UNAIR selasa, 17 Agustus 2010 mulai jam 4 sore-4 pagi tersebut benar-benar luar biasa. Banyak acara yang dilangsungkan mulai dari Launching Komunitas Jaringan Bisnis Indonesia (JARBIS) yang terdiri dari : KOSBIS (Komunitas Suka Bisnis), KoMmMBIS (Komunitas Mahasiswa Memulai dan Mengembangkan Bisnis), & KORBIS (Komunitas Remaja Bisnis) oleh Pak Putu Darma (Ketua KoMmMBIS), Pengumuman Final Business Competition dimana juaranya adalah seorang siswi SMA yang masih duduk di bangku kelas X, dia berhasil menjual 84 produk. Keren kan :). Untuk juara pertama tersebut, mendapatkan hadiah berupa beasiswa kuliah selama 4 tahun + biaya hidup, senangnya, kecil2 udah bisa mandiri euy bigsmile .

Dilanjutkan dengan buka bersama anak yatim piatu, tarawih bersama, setelah itu rangkaian acara seminar sampe jam 3 pagi, kemudian sahur bersama.

Materi-materi yang disajikan sangat luar biasa, dengan pembicara-pembicara yang sudah qualified di bidangnya. Beberapa poin yang saya ingat

 

Pertama mengenai Selling Yourself,

intinya sebagai seorang penjual barang/jasa untuk bisa memaksimalkan penjualannya dia harus bisa menguasai 4 komponen penting, yaitu

1. Membujuk,

2. Mempengaruhi,

3. Meyakinkan,

4. dan Mengkomunikasikan.

Jika salah satu dari 4 komponen tersebut ada yang belum anda kuasai, maka jika anda ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses maka anda perlu menguasainya.

Selling terbagi menjadi 2 : hard selling dan soft selling. Hard selling itu berpromosi dengan menyampaikan pesan marketing secara langsung, contohnya : iklan baik di koran, majalah, televisi, internet atau papan reklame. Sedangkan soft selling promosi dilakukan secara halus atau tidak menyampaikan promosi secara langsung. Misalnya dengan membagikan buku gratis selesai suatu acara atau review di blog. Tujuan dari soft selling adalah untuk menumbuhkan kepercayaan dan terjalinnya hubungan yang nyaman dengan konsumen. Jika kepercayaan dan hubungan erat sudah terjalin, maka mereka bisa menjadi konsumen potensial bagi anda.

Kedua teknik tersebut baik hard selling maupun soft selling, memiliki kelebihan dan kekurangan. Teknik hard selling efeknya lebih cepat, sedangkan soft selling biasanya berlangsung lebih lama dan harus dijalankan terus-menerus. keduanya akan lebih baik jika dilaksanakan secara berdampingan. Konsumen akan kabur jika dilakukan promosi secara terus-menerus. Konsumen cenderung lebih tertarik dengan pendekatan soft selling. Namun, kalau hanya dengan soft selling saja, biasanya target market kebingungan menangkap apa maksud promosinya.

Gaya efektif untuk selling yourself adalah

70% TAKE ACTION, ACTION, ACTION

30% BELOW THE LINE, ABOVE THE LINE

pemberdayaan emosi.

Kondisi emosi ada 2 : emosi yang memberdayakan dan penuh sumber daya dan emosi yang tidak diberdayakan dan tidak penuh sumber daya. Mengundang emosi negatif atau positif tergantung dari diri kita sendiri. Jika kita sering mengundang emosi negatif, stress lah yang kita dapat ngakak . Adapun cara efektif agar kita bisa selalu mengundang emosi positif adalah dengan bersikap always husnudzan (selalu berprasangka baik).

 

Kedua, NLP (Neuro Linguistic Programming)

secara singkat NLP merupakan suatu metode peningkatan kualitas seseorang dengan cara melakukan pemrograman, bisa dari orang lain, bisa juga dari diri sendiri, dengan bahasa tertentu yang diprogramkan ke pikiran.

Neuro – merujuk pada proses neurologis dari melihat, mendengar, merasakan, menghirup, dan meraba yang kemudian membentuk pengalaman

Linguistic – penggunaan bahasa untuk merepresentasikan

Programming – teknik yang digunakan untuk mengorganisasikan proses internal

Untuk bisa mempengaruhi seseorang, ada beberapa poin yang perlu diperhatikan :

1. PREDIKAT – penggunaan predikat yang tepat akan menentukan

2. MAKING – pengambilan keputusan yang tepat

3. CHUNKING (CHUNKING UP, CHUNKING DOWN, CHUNKING SIDE)

CHUNKING UP : mencari kesamaan

CHUNKING DOWN : break, perbedaan

CHUNKING SIDE : rekomendasi,

4. LEADING : teknik memimpin

 

Ketiga, perlunya mengeset tujuan hidup.

Untuk membuat semangat dalam hidup, kita perlu mengeset tujuan hidup kita.

SET GOAL, TUJUAN, TARGET

IMPIAN GAMBARKAN DENGAN JELAS

Orang yang tidak memiliki tujuan hidup yang jelas = menyerahkan tujuan hidup pada orang lain.

lihat kasus berikut :

suatu ketika si A naik taxi, dia bilang ke sopir, “bang antar saya ke tempat yang menyenangkan”. Si sopir pun bingung, berhubung si sopir sukanya ke mall, si penumpang tadi diantar ke mall. Padahal si A ini tidak suka ke mall..jadi berabe deh.. (makanya klo mo pergi tujuannya yang jelas ngakak )

Pikiran manusia ada 2 : pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. 88% pikiran kita dikontrol oleh pikiran bawah sadar. Padahal pikiran bawah sadar ini tidak bisa membedakan antara yang nyata dengan tidak nyata.

Kalau tidak percaya mari kita buktikan hi

Coba pejamkan mata anda, kemudian bayangkan anda mengambil sebuah jeruk nipis. iris jeruk nipis tersebut, buka mulut anda, peras jeruk nipis tersebut, biarkan air jeruk nipis tersebut mengalir ke tenggorokan anda,

Apa yang anda rasakan ?, kecut bukan ?. Itulah kerja pikiran bawah sadar anda. So klo anda memiliki target dan impian, perjelaslah. Bukan hanya jelas diucapkan, tetapi anda bisa membayangkannya sekarang. Maka pikiran bawah sadar anda akan menuntun anda untuk mencapai impian anda. Sehingga anda akan lebih mudah untuk mencapainya.

Ada 4 poin penting yang bisa dijadikan acuan agar kita bisa menentukan target dengan jelas :

1. Trea
tment; tantangan yang akan dihadapi

2. Realistis; berpikir realistis, klo impian nya besar, maka usaha untuk mencapai harus besar pula

3. Kritik; kritik terhadap perkembangan pencapaian target

4. Dream – Tuliskanlah impian anda

    Misal memiliki impian profit 50jt/bulan, sekarang anda belum bisa meraihnya, maka target anda turunkan menjadi 10jt/bulan. Namun impian pertama tadi jangan dihapus. Ketika profit 10jt/bulan sudah anda dapatkan, kembali anda usahakan untuk dapat mencapai profit 50jt/bulan seperti impian pertama kali. Anggap profit 10jt/bulan sebagai batu loncatan.

Untuk bisa lebih mengingat target dan gambaran impian anda, buatlah anchor/penunjuk di bagian tubuh anda.

Adapun trik agar kita tetap konsisten pada target kita adalah dengan melakukan CRAFT (Cancel, Refresh, Affirmative, Fact. dan Training) pada target&impian kita.

Iklan