Sosialisasi Internet Sehat guna Ciptakan Generasi Penerus yang Mantap

Seiring kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, internet menjadi salah satu media yang penting di masa sekarang ini. Dengan internet akses informasi baik dari dalam maupun luar negeri menjadi semakin mudah. Sehingga kerjasama internasional pun sekarang bukan persoalan yang sulit. Oleh karena itu, penggunaan internet mulai digalakkan di kalangan pendidikan mulai sd, smp, sma, sampai perguruan tinggi. Semua tempat pendidikan sudah banyak yang men-support internet include dalam fasilitas pembelajaran. Tak heran jika sekarang anak sd sudah bisa menghidupkan komputer sendiri kemudian browsing internet.

Banyak informasi yang bisa kita dapat dari internet, karena bebas itu informasi negatif pun sangat mudah ditemui di internet. Bagi kita yang sudah dewasa informasi seperti itu bukanlah hal yang masalah, karena kita sudah bisa berpikir mana yang baik dan mana yang buruk, so bisa memilah-milah sendiri. Tetapi bagaimana dengan anak-anak ? bingung

Anak-anak setidaknya perlu diberi pendidikan dan pengarahan tentang baik buruknya internet itu sendiri. Dibalik ini orang tua memegang peranan penting terhadap anak-anaknya. Untuk mendukung itu pula tim ICTwatch- Internet Sehat juga turut mensosialisasikan internet sehat di masyarakat.

internet-sehat1

Mereka menyediakan berbagai informasi yang dapat membantu masyarakat khususnya para orang tua sehingga bisa menjadi referensi untuk mendidik anak-anaknya supaya dapat menggunakan internet dengan baik tanpa tercemar oleh informasi-informasi negatif yang ada.

Tim ICT telah bergerak mensosialisasikan internet sehat ini ke antara lain ke komunitas-komunitas online seperti komunitas blogger, komunitas jurnalis, dll dan membagikan buku panduan serta cd gratis yang dapat membantu kita dalam penerapan internet sehat. Namun sosialisasi tersebut belum optimal. Masih banyak masyarakat yang belum mengetahuinya pula.

Memang untuk informasi seputar internet sehat, kita bisa menemukan dan mendownloadnya sendiri di http://internetsehat.org. Namun belum banyak masyarakat kita yang sudah mengetahuinya.

Oleh karena itu, kita juga harus turut menyebarkan informasi tersebut kepada teman-teman maupun masyarakat disekitar kita.

O..iya saya lihat internet sehat disamping sudah memiliki web, juga sudah memiliki facebook pages, dan twitter. Hal tersebut dapat lebih dimanfaatkan dengan menghubungkan ketiga komponen tersebut.

Misalnya ketika ada update informasi dari internet sehat, maka informasi update tersebut secara otomatis tampil di twitter, kemudian dari twitter secara otomatis tampil di facebook. Hal tersebut dapat dibuat dengan memanfaatkan situs seperti http://twitterfeed.com/

Disamping itu, tim internet sehat bisa juga membuat banner dan sticker (alamat situs internetsehat.org turut dicantumkan). Dengan banner para blogger maupun pemiliki website bisa turut membantu menyebarkan banner tersebut. Penyebaran informasi akan menjadi cepat. Belum lagi ditambah dengan sticker. Jika banyak orang yang memasang sticker di motor atau mobilnya, ketika seseorang di jalan melihat sticker tersebut pasti akan penasaran dan ketika luang kemungkinan untuk membuka situs internetsehat dan membaca isinya akan semakin besar.

Jika sosialisasi telah sukses dan merambah secara nasional bahkan internasional, diharapkan masyarakat menjadi lebih mengerti tentang manfaat dan bahaya internet. So mereka akan menjadi lebih bijaksana dan selektif dalam memilih konten. Dengan semakin bijaksana, pabila menjumpai konten negatif, dengan sendirinya akan menutupnya.

Semakin jarang konten negatif diakses, semakin sedikit pula penghasilan yang diperoleh oleh situs-situs tersebut. Bila tidak ada lagi yang mengakses situs-situs konten negatif, situs-situs tersebut dapat dipastikan mati dengan sendirinya.

Dengan lebih sering mengakses informasi-informasi yang positif, akan melatih otak kita untuk always berpikir positif. Dengan berpikir positif akan membuat kita kreatif dan produktif. Dan hasil akhirnya bisa ditebak, sumber daya manusia meningkat, produk yang dihasilkan pun akan bervariasi.

Keep Internet Sehat bigsmile

Iklan

Tentang arifrohmadi

Mahasiswa Informatika yang berusaha untuk menjadi lebih baik dan lebih baik lagi serta dapat berbagi dan bermanfaat bagi orang lain
Pos ini dipublikasikan di Experience. Tandai permalink.

2 Balasan ke Sosialisasi Internet Sehat guna Ciptakan Generasi Penerus yang Mantap

  1. teddy berkata:

    pertamax gan.
    mudah-mudahan dapet bullets and blog-nya
    haha

  2. rive berkata:

    @mas teddy : iya mas moga dapet..amiiin xD

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s