Stuvit ITB+Touring Himaster UNS ke HMIF ITB

Seperti biasa agenda tahunan Himaster (Himpunan Mahasiswa Pinter eh salah Himpunan Mahasiswa Informatika maksudnya :D), nggak lengkap kalau nggak ada studi visit + touring. Pada tahun 2011 tertanggal 24-26 Januari ini, Himaster ngadain studi visit ke HMIF ITB. Tujuannya untuk lebih mengenal sistem pendidikan maupun organisasi di HMIF ITB itu seperti apa sih. Biar kita bisa meniru sisi-sisi positif dari jurusan yang udah lebih dahulu lahir dibanding Informatika UNS ini.

Berbeda dengan UNS, di ITB dari gerbang masuk Universitas, pengunjung/mahasiswa tidak diperkenankan membawa kendaraan bermotor masuk ke area universitas. Yang diperbolehkan membawa kendaraan bermotor masuk ke universitas hanyalah orang2 yang memiliki id card (karyawan+dosen).. or yang udah dapet ijin langsung dari pihak universitas seperti kendaraan proyek yang akan melakukan renovasi/pembangunan di ITB.

lingkungan universitas yang sejuk, tata letak yang baik, fasilitas pendukung yang lengkap seperti adanya lapangan olahraga basket, dll, papan pengumuman elektronik, ada air mancurnya juga yang bisa buat penyejuk ketika rada sepaneng xD tentu menjadikan suasana belajar mengajar lebih kondusif.

Untuk tempat sampah, sudah dipisah antara yang dapat membusuk dan tidak dapat membusuk. Sehingga memudahkan dalam melakukan tindak lanjut terhadap sampah tersebut seperti daur ulang misalnya.

Ada juga icon lucu yang ada di jalan2 ITB, seperti dibawah ini (mungkin dulu dibangun dalam rangka meringatin event apa gitu ya 😀 ) :

Terus untuk pengumuman pengumuman tempatnya juga sudah dipilah-pilah sesuai dengan topik masing-masing..Misalnya informasi terkait beasiswa dijadikan dalam satu tempat…Terus informasi yang lain berada di kotak lainnya.

O..iya memang mahasiswa nggak boleh sih kalau bawa kendaraan bermotor masuk ke area universitas, tetapi kalau bawa sepeda bebas lho masuk areal universitas dan fakultas.. Bener-bener go green 🙂

itu yang menurut saya yang bagus dari ITB.

Terus lanjut di acara dengan perwakilan HMIF-nya. Dijelasin mengenai perkuliahan Informatika di ITB itu seperti apa, for more detail bisa liat di http://stei.itb.ac.id/

di ITB pada semester pertama dan kedua sama seperti univ yang lain, masih mempelajari hal2 yang bersifat umum. Kemudian pada semester 3 mulai ada penjurusan. Dan di semester 5 akan ada penjurusan lagi.

Tingkat disiplin mahasiswa ITB bisa dibilang cukup tinggi, hal itu juga karena sistem akademik disana pula, seperti pengumpulan tugas untuk setiap keterlambatan per menit dikenai sanksi pengurangan nilai sebesar 2 pangkat n dimana n=waktu dalam menit. Jadi kalau terlambat 7 menit saja, nilai bisa minus..ngeriiii kan capek

Lanjut ke tubuh organisasi HMIF ITB sendiri, HMIF ini terdiri dari 9 divisi seperti dibawah ini :

1. Divisi Kominfo

2. Divisi Proyek

3. Divisi Inovasi

4. Divisi Internal

5. Divisi Kaderisasi

6. Divisi Seni dan Olahraga

7. Divisi Akademik

8. Divisi Eksternal dan Sosial

9. Divisi intra kampus

Yang menarik antara lain lewat divisi proyek, mahasiswa yang suka ngoprek pc/coding bisa menyalurkan bakatnya dengan always mengerjakan proyek-proyek yang ada. Pembagian profit adalah 15% untuk pengembang dan 85% untuk kas HMIF. Menurut keterangan yang ngasih tau, para pengerja proyek tersebut tidak keberatan dengan pembagian terset, pasalnya ngoprek/coding sudah menjadi kesenangan/hobi mereka.

Kemudian untuk bidang inovasi juga tidak kalah menarik, orang-orang inovasi selalu update terkait teknologi. Bahkan diantaranya ada yang bergabung dengan microsoft innovation center yang ada di ITB yang pekerjaannya melakukan inovasi2 berbasis platform windows itu tuh.

Kalau di bidang Kaderisasi(OSPEK) tahun ini HMIF ITB rencana mau membuat hal yang sedikit berbeda. Untuk hal2 yang berbau kekerasan akan dihilangkan sama sekali, karena hal itu tidak relevan dengan dunia informatika. Tugas2 yang akan diberikan selama ospek banyak yang lebih melibatkan ke satu angkatan. Sehingga antar satu angkatan akan lebih saling mengenal. Kedisiplinan juga dilatih disini.

Misal mewajibkan satu angkatan untuk datang tepat pukul 7 pagi pada saat masa kaderisasi. Jika ada salah satu saja yang terlambat, satu angkatan tersebut yang akan menanggung hukumannya. Setiap pelanggaran akan dikenakan poin. Dimana semakin banyak poin yang terkumpul hukuman berupa tugas akan semakin banyak dan nyleneh2 (yang jelas hukumannya mengasah logika dan melibatkan satu angkatan tersebut).

Misalnya contoh tugasnya seperti membuat denah kos 1 angkatan di sebuah kertas A0, dll

Untuk tahun ini proker unggulan ITB ada 3 yaitu Biner (Pengabdian Masyarakat), Arkavidia (Seminar IT + Lomba), dan SPARTA (Kaderisasi)

O..iya ITB klo bikin schedule terkait proker juga udah dipikir matang-matang terlebih dahulu, seperti tidak akan menimpakan proker besar pada masa sibuk-sibuknya kuliah (ujian semester, dll).

Usai stuvit jalan2 deh ke Tangkuban Perahu..Lumayan Bagus Juga 🙂

Iklan