Solo ber-IT with Community

The world more flat”, dunia semakin datar. Itulah gambaran era sekarang ini, era dimana semua orang dengan mudahnya berkomunikasi satu sama lain tanpa perlu bertatap muka. Arus keluar masuknya informasi juga berlangsung dengan cepat. Ibarat pisau bermata dua, siapa yang dapat berlaku bijak dan dapat memanfaatkannya secara optimal, maka dia akan mengalami percepatan kemajuan. Sebaliknya siapa yang tidak dapat berlaku bijak dan kurang dapat memanfaatkan teknologi yang ada, justru terpedaya dan menjadi budak teknologi itu sendiri.

Solo yang mencanangkan diri menuju kota MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition), secara bertahap melakukan berbagai upaya untuk peningkatan pemanfaatan IT bagi warganya. Beberapa hal yang telah dilakukan antara lain : pembangunan beberapa titik hotspot disekitar jalan Slamet Riyadi yang dapat digunakan oleh umum, mengadakan penyuluhan internet sehat, dan mendukung tumbuhnya berbagai komunitas di solo sesuai dengan bidang peminatan masing-masing. Beberapa komunitas yang ada antara lain :  Blogger bengawan, Solo Tumblr Community, KPLI Solo, Kaskus Solo, Akademi Berbagi, dan lain-lain. Beberapa waktu yang lalu, Solo menggelar acara bertajuk “Solo Cyber Day” dimana komunitas-komunitas yang ada di Solo dapat saling mengenalkan diri ke khalayak dan dapat saling bersilaturahmi satu sama lain.

Adanya support dan dukungan pemerintah kota solo terhadap komunitas-komunitas yang ada secara tidak langsung juga turut membuat masyarakat di Solo lebih mudah untuk mengetahui lebih dalam tentang pemanfaatan IT secara lebih jauh. Setiap warga dapat bergabung ke komunitas yang sesuai dengan minatnya.

Konsep komunitas yang saling berbagi dan non-profit membuat para anggotanya cepat akrab dan tak keberatan untuk berbagi dan saling membantu sama lain. Bahkan dengan adanya komunitas, penguasaan terkait perkembangan teknologi baru dapat lebih cepat karena dipelajari secara bersama-sama. So Keep Solo ber-IT with Community 🙂

Iklan