Advice From a Friend

Berkomunikasi yang baik adalah menyampaikan apa yang ingin kamu sampaikan kepada orang dan pastikan dia menerima apa yang kamu maksudkan. Di hadapan orang lain jadilah dirimu sendiri. Sampaikan apa yang ingin kamu sampaikan, bukan apa yang ingin mereka dengar.

Ada tipe orang spontan yang ngomong dulu baru mikir, tapi itu karena latah dan otomatis, tapi dalam kasus yang serius memang ada beberapa yang memiliki keluhan seperti itu, saran saya untuk solusi adalah banyak baca lagi, apapun. Ada riset yang membuktikan bahwa orang yang suka baca cenderung lebih mudah buat recalling apapun yang ada di ingatannya.

Untuk masalah minder, yah sering-sering interaksi dengan komunitas, atau peer groupnya. Awalnya cuma jadi pengamat gpp. Tapi jangan salah, para pengamat biasanya cenderung lebih dihargai apa yang dia ucapkan.

Diri kita sendiri pun, seperti apa diri kita sebenarnya, kita butuh orang lain untuk melihat seperti apa kita, apa yang ada dalam diri kita, karena kita adalah makhluk sosial.

Sekarang gini deh, dengan menjadi kita yang sekarang, kita sudah puas belum ?, nemuin problem nggak ?, kalo dengan menjadi diri kita yang sekarang aja kita udah ngga’ nemu permasalahan, engga’ nemu kesulitan interaksi dengan orang, ya kenapa harus berubah ?

Kalo kita masih nemuin kesulitan, gak ada salahnya berubah demi kemajuan kita. Life is so hard men J kalau kita nggak nyapa duluan, orang nggak akan balas nyapa. Sederhananya gitu deh..

Ngerasa diri kita belum baik, berusaha menjadi lebih baik bisa jadi cambuk. Karena dengan gitu kita mau belajar. Semua perubahan memang berat, emang bikin ngeluh, tapi kalo mantan penyanyi cilik tetap jadi penyanyi lagu anak-anak sementara umurnya terus bertambah, apa dia akan tetap dilihat sebagai penyanyi anak-anak ? orang justru akan menertawakan dia kan ?, analoginya seperti itu..

Thanks to Sensei Azkaerika 🙂

Iklan

Tentang arifrohmadi

Mahasiswa Informatika yang berusaha untuk menjadi lebih baik dan lebih baik lagi serta dapat berbagi dan bermanfaat bagi orang lain
Pos ini dipublikasikan di Motivation. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s