Solo Batik Carnival 5 Goes to Global

Sejauh mana dampak dan manfaat teknologi informasi khususnya berhubungan dengan event budaya

Dengan perkembangan teknologi informasi dan mulai banyaknya orang yang mengenal website, social media, video sharing, dan media online lainnya membuat dunia ini semakin tidak ada batasnya. Seperti kata Thomas L. Friedman, The world is Flat, tidak ada lagi pembatas untuk berinteraksi dan berkomunikasi lintas negara.

Ibarat pisau bermata dua, di satu sisi perkembangan teknologi memberikan manfaat yang signifikan di berbagai bidang. Namun, di sisi lain juga memberikan efek negatif yang besar pula bila tidak bijak dalam memanfaatkannya.

Salah satu contoh dampak positif teknologi informasi terhadap event budaya seperti semakin mudahnya orang-orang baik lokal maupun manca negara mengetahui dan memperoleh informasi terkait budaya di suatu daerah. Terjadinya akulturasi budaya dimana nilai dari masing-masing daerah masih terjaga juga merupakan salah satu peran dari teknologi informasi ini. Sehingga kita mengenal ada batik kimono, tari sakura kontemporer, pertunjukan wayang orang modern, dan lain sebagainya

clip_image002

Tari sakura kontemporer
(uns international cultural night 2012)

clip_image004

Batik Kimono (batikantik.com)

clip_image006
“Jabang Tetuko”, Pagelaran Wayang Orang modern (liputan6.com)

Bagaimana penerapannya dalam event Solo Batik Carnival 5

Solo Batik Carnival 5 sudah menerapkan dan memanfaatkan teknologi informasi dengan baik. Berbagai lini media online seperti official website, facebook, twitter, youtube telah dimanfaatkan oleh Solo Batik Carnival 5. Official website telah menyediakan detail dan informasi mengenail Solo Batik Carnival 5, lengkap dengan video pra-event. Informasi yang up to date via twitter, dan adanya kontes Win Free Ticket Solo Batik Carnival 5 tentunya dapat menjadi magnet penarik massa secara online.

clip_image008

Official twitter @sbcsolo

clip_image010

Facebook Pages http://www.facebook.com/solobatikcarnival

clip_image012

Video Teasar Solo Batik Carnival 5
youtube.com

clip_image014

Solo Batik Carnival Official Site
solobatikcarnival.com

Apakah sudah efektif teknologi informasi (website, social media, dll) dalam event Solo Batik Carnival 5

Pemanfaatan teknologi informasi dalam event Solo Batik Carnival 5 ini untuk wilayah lokal sudah efektif. Tinggal konsistensi dalam promo, pengelolaan dan pelayanan terhadap para pengunjung dan orang yang bertanya di berbagai media online yang digunakan Solo Batik Carnival 5.
Adapun untuk skala global (go international), media online yang dimanfaatkan perlu ditambahkan fasilitas bahasa selain indonesia. Misalnya: inggris (bahasa resmi internasional). Sehingga bila ada orang asing yang ingin lebih tau tentang solo batik carnival via online, dapat cepat mengerti.
Selain itu, untuk hasil yang lebih optimal, perlu juga diimbangi promo secara offline secara berkesinambungan dan merata baik untuk lokal maupun internasional

clip_image016

 

 

 

 

 

 

 

 

Writer: Arif Rohmadi

Iklan

Tentang arifrohmadi

Mahasiswa Informatika yang berusaha untuk menjadi lebih baik dan lebih baik lagi serta dapat berbagi dan bermanfaat bagi orang lain
Pos ini dipublikasikan di kompetisi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s