Gala Dinner with kak Merry Riana, 09/06/2012

09/06/2012, Sebuah Gala Dinner with kak Merry Riana diadakan oleh Andara Management di Solo, tepatnya di Hotel Best Western Premier Solo.

Merry-Riana-Sharing

Kak Merry menceritakan sekilas tentang kehidupan dan perjuangannya hingga bisa meraih 1 juta dollar pertama di usia 26 tahun. kak Merry awalnya sekolah SMP, dan SMA di Santa Ursula Jakarta. Setelah lulus SMA, awalnya dia akan melanjutkan kuliah di dalam negeri. Akan tetapi karena pada saat itu (1998) di Indonesia sedang terjadi kerusuhan secara mendadak oleh orang tua kak Merry, studi kak Merry dialihkan ke Singapura, yaitu di NTU (Nanyang Technology University). Itupun dengan utang sebesar 40.000 SGD ke Pemerintah Singapura.

Dengan uang segitu, hanya menyisakan 10 SGD untuk biaya makan selama 1 minggu. Untuk menghemat hampir setiap hari kak Merry makan mie instan, makan siang hanya dengan bekal roti tawar. Bahkan tak jarang dia melahap roti tawar itu di toilet karena nyaris tak ada satupun mahasiswa lain yang membawa bekal. Dia juga tidak membeli air minum untuk menghemat uang. Bila dahaga, dia minum dari air keran (tap water) yang aman untuk diminum dan tersedia di sudut-sudut kampus.

Suatu ketika kak merry bertemu dengan seseorang yang akhirnya menjadi partner sekaligus membuat semangat kak Merry untuk membuat banyak resolusi hingga akhirnya bisa meraih pendapatan 1 juta dollar di usia 26 tahun. Beliau adalah Alva Tjenderasa, suami kak Merry.

Untuk lebih lengkapnya kisah kak Merry dapat dilihat di bukunya “Mimpi Sejuta Dollar” 🙂

Pada Gala Dinner ini para peserta dapat lebih termanjakan terkait sharing, tanya jawab, foto bareng, maupun untuk minta tanda tangan.

TanyaJawab-with-MerryRiana

Banyak pertanyaan yang bagus dan dijawab dengan apik oleh kak Merry, beberapa poin yang saya rangkum:

1. Seringkali seseorang ketika memulai usaha itu takut, karena kurang modal, kurang relasi, dan kurang skill, bagaimana mengatasinya ?

Ketika kak Merry memulai bisnis, dia tidak memiliki ketiga-tiganya (modal, relasi, dan skill). Disiplin ilmu kuliah kak Merry teknik elektro, dan itu tidak ada hubungannya dengan bisnis.

Satu-satunya yang membuatnya bisa memulai usaha adalah KEBERANIAN.
KEBERANIAN UNTUK BERMIMPI BESAR (DARE TO DREAM BIG). Berani untuk take action memulai usaha

2. Seringkali pebisnis pemula apalagi mahasiswa, terlalu banyak rencana dan tidak segera take action. Karena terlalu banyak rencana, dan semakin banyak risiko yang diketahui dari planningnya, akhirnya sudah merasa rugi sebelum memulai bisnis. Dan bisnispun tidak jadi dilaksanakan.

“Think Big, Start Small”

Planning boleh besar, rencana boleh besar tetapi segera mulailah. mulailah dari yang kecil, mulailah dari yang sederhana secara continue.
set mindset
”BUKAN APA YANG SAYA DAPAT PADA HASIL AKHIRNYA, TETAPI AKAN MENJADI SEPERTI APA SAYA PADA HASIL AKHIRNYA”

3. Bagaimana mengatur waktu yang efektif (time management) ?

kunci untuk dapat memanage waktu (time management), adalah perlu memanage priority (priority management). Putuskan apa prioritas Anda. Buat skala prioritas (maks 5 prioritas). Kemudian masukkan ke jadwal Anda.

Logikanya sederhana:

semisal Anda akan bertemu dengan Presiden pada jam 2 siang di solo. Jam 8 pagi Anda baru akan berangkat dari Jakarta dengan kereta api. Tiba-tiba ketika Anda akan naik ke kereta, Anda disodori promo naik pesawat gratis ke Aceh dan promo tersebut hanya berlaku saat itu juga. Bila prioritas Anda adalah bertemu dengan Presiden, tentu tawaran promo atau apapun yang menarik lainnya akan Anda abaikan.

4. Dengan kesibukan yang luar biasa, bagaimana perhatian ke anak ?

untuk ke putra putrinya, kak Merry dan suaminya ditengah-tengah kesibukannya selalu meluangkan satu sampai dua hari full untuk putra-putri mereka. Dari situ mereka dapat saling memahami dan mengerti satu sama lain.

di sesi tanya jawab ini, kak Alva juga turut menjawab pertanyaan peserta 🙂

Alva-Tjenderasa-Sharing

5. Biasanya kan, Suami itu ingin menjadi yang lebih menonjol dibanding istrinya tetapi mengapa mas Alva lebih memilih mengalah ?

Pada dasarnya setiap manusia itu punya kelebihan masing-masing, yang satu melengkapi yang lain. Seorang pemain sepak bola profesional dapat mencetak gol banyak berkat arahan pelatihnya. Akan jadi kacau bila sang pelatih disuruh bermain, dan si pemain yang mengarahkan. Begitu pula dengan kak Merry dan kak Alva. kak Alva lebih jago dalam mengarahkan, memanajemen dan visioner akan pandangan ke depan, sementara kak Merry lebih suka banyak take action. Sehingga satu sama lain saling melengkapi

6. Bagaimana untuk menjaga sebuah ambisi dan dapat mengontrol emosi ?

– Kenali dengan jelas kepribadian kita. apa strength(kekuatan), passion, dan karakter kita.
Mengikuti tes-tes kepribadian atau bertanya ke orang lain dapat membantu dalam menemukan apa kelebihan kita.

– Tujuan

Set tujuan yang jelas, 10 tahun mendatang kita ingin seperti apa, dst

7. Apa yang perlu dipertimbangkan dalam memilih partner bisnis ?

memilih partner bisnis itu seperti memilih pasangan yang akan kita nikahi. apakah tujuan dan visinya sama dengan kita atau tidak

8. Kak Merry dan Kak Alva kan dari jurusan Teknik Elektro dan Teknik Industri, lalu bagaimana bisa berubah fokus ke bisnis dengan cepat dan sukses?

Pertama kita perlu mengubah mindset kita dulu, kuliah itu untuk apa ?, apakah untuk menambah kebisaan kita, atau membatasi kebisaan kita ?

kuliah itu untuk menambah kebisaan. Di kuliah kita dapat belajar kedisiplinan, bekerja underpressure, dan keterampilan lain yang pastinya dapat dipergunakan untuk melakukan sesuatu hal yang lain pula termasuk dalam bisnis. Seringkali gara-gara dibatasi oleh jurusan kuliah, banyak orang membatasi diri untuk melakukan sesuatu yang sesuai dengan bidang ilmunya saja, tidak mau menggunakannya untuk mengerjakan hal lain.

Itu kurang lebih sedikit resume-nya.
Semoga bermanfaat 🙂

Sesi Foto-foto:

ArifRohmadi_MerryRiana MR-SessionFoto1 MRSessionFoto2
Iklan

Tentang arifrohmadi

Mahasiswa Informatika yang berusaha untuk menjadi lebih baik dan lebih baik lagi serta dapat berbagi dan bermanfaat bagi orang lain
Pos ini dipublikasikan di Experience. Tandai permalink.

5 Balasan ke Gala Dinner with kak Merry Riana, 09/06/2012

  1. gizipp berkata:

    Sedang berusaha mematangkan nomor dua rif. Masih jadi salah satu problem utamaku. Rencana masih hanya selalu selalu rencana. Masih hanya imaginasi, no realisasi no action.

    Nice rekap ^^

  2. Happy berkata:

    nice experience.. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s