Profesional Talk 2012 “Increasing Sales through Referral Mastery”

Ini merupakan liputan dari teman saya Bella, yang saya tulis ulang dengan mengambil poin-poin pentingnya saja.

Minggu, 9 Maret 2012 di Universitas Kristen Petra diadakan sebuah seminar internasional bergengsi Professional Talk 2012 “Increasing Sales through Referral Mastery”, dengan Merry Riana sebagai pembicara. Seminar ini dihadiri sekitar 900 orang.

Poin-poin penting:

– apakah Refferal Mastery itu ?, merupakan kemampuan menguasai teknik rujukan. Berdasarkan The Law 0f 250 – Joe Girard, setiap manusia paling sedikit memiliki hubungan dengan 250 manusia lainnya. Jadi saat anda menawarkan sesuatu kepada seseorang, orang tersebut dapat membuka peluang bagi Anda untuk mendapatkan penawaran dari 250 orang lainnya.

– Tipe Pangsa pasar

Ada 3 tipe pangsa pasar :

1. Warm Market : pasar yang berisi semua orang yang Anda kenal

2. Cold Market : pasar yang berisi orang-orang yang tidak Anda kenal

3. Hot Market : berisi rekomendasi seseorang (refferal).

– Kekuatan refferal

Anda dapat saja menawarkan produk yang dibeli buyer A, kemudian karena buyer A puas dengan layanan Anda, dia mereferensikan/merekomendasikan pada temannya si B, si B puas kemudian memberitahu si C dan D. Dan pada akhirnya produk Anda dibeli oleh si A+B+C+D. Bila Anda menguasai ini berarti anda menguasai penjualan.

– Cara membuat refferal berkualitas:

1. Membangun hubungan baik dan kepercayaan dengan klien diikuti dengan pengetahuan akan produk dan personal integrity yang baik. Merry mengisahkan ada salah satu kliennya yang berasal dari perusahaan lain karena dikecewakan oleh integritas calon salesmannya, klien tersebut pindah menjadi klien Merry.

2. Memberikan pengalaman tak terlupakan terhadap klien dengan cara mencapai Business Level dan Human Level. Bussiness Level adalah seberapa baik Anda mengerjakan pekerjaan Anda ?, hal tersebut dapat Anda terapkan pada bisnis Anda untuk selalu memberikan lebih daripada yang diharapkan klien Anda. Layani klien Anda, sebelum Anda menjual sesuatu kepadanya.

BAM (Be Always Memorable)

Sementara Human Level adalah apa yang dirasakan klien pada Anda ?

Ada 3 cara untuk meraih kesan terhadap klien bahwa Anda tak terlupakan:

1. Senyum Anda, berikan senyum tulus terbaik Anda terhadap klien

2. Berikan pujian tulus (berikan pujian disertai alasan Anda memujinya dan tanyakan pertanyaan seputar apa yang Anda puji).

3. Visibilitas bisnis Anda

Merry Riana mengingatkan agar kita mengubah semua kebiasaan buruk kita menjadi kebiasaan baik yang akan terpancar dalam keseharian kita.

 

– Ada 2 kunci sukses dalam hidup :

1. People Mastery  : kemampuan kita untuk berkomunikasi dan terhubung dengan orang-orang.

2. Personal Mastery : kemampuan kita untuk mengontrol diri sendiri.

Kita perlu mempunyai GOAL (TUJUAN) yang jelas, dan sebuah mimpi yang memberikan kita arahan hidup. Kita harus memiliki alasan yang sangat kuat dalam mengejar sesuatu sehingga apabila jatuh, kita akan cepat bangkit kembali.

Iklan

Tentang arifrohmadi

Mahasiswa Informatika yang berusaha untuk menjadi lebih baik dan lebih baik lagi serta dapat berbagi dan bermanfaat bagi orang lain
Pos ini dipublikasikan di Motivation. Tandai permalink.

2 Balasan ke Profesional Talk 2012 “Increasing Sales through Referral Mastery”

  1. cocok jadi distibutor Herbalife nih, ditunggu kabarnya di 0878 3600 9100 (nanung)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s