Bisnis Mudah Ala Onliners

image

Apasih kendala memulai bisnis ?, biasanya alasan berkutat pada 3 hal: modal, skill, network/koneksi. Tidak punya modal, skill pas-pasan, tidak punya koneksi, ya untuk bisnis jaman dahulu hal tersebut sangat menghambat untuk memulai bisnis. Dan bila dipaksakan berbisnis, cenderung berisiko tinggi. Namun, sekarang era telah berubah. Di era ini, tekonologi semakin canggih, terlebih dengan hadirnya internet.

Dengan bermodal koneksi internet, untuk memulai bisnis jauh lebih mudah. Bila dahulu untuk membuka sebuah bisnis perlu memiliki/menyewa sebuah toko dengan menelan biaya yang tidak murah. Sekarang kita bisa membuka toko online sendiri tanpa perlu biaya mahal. Bila toko tradisional mengalami hambatan untuk buka 24 jam. Toko online tanpa perlu ditunggu, dapat aktif 24 jam non stop dan memiliki jangkauan wilayah yang lebih luas yaitu internasional.

Toko online tidak membutuhkan modal dan skill mumpuni dalam membuatnya. Bila tidak tau cara membuatnya, Anda dapat mencari tau lewat google. Bila tida suka yang berbayar, Anda dapat memanfaatkan web blog gratisan untuk berbisnis. Jadi hanya model koneksi internet saja, Anda sudah dapat menjalankan bisnis. “Tapi nanti terkesan tidak professional kalau menggunakan web blog untuk bisnis ?”, kata siapa tidak professional, bahkan sekarang banyak para pengusaha yang justru menggunakan web blog untuk promosi produk mereka. Beberapa diantaranya:
Percetakan murah : http://transmediajogja.blogspot.com/, rumah rempah solo – http://rumahrempahsolo.blogspot.com/, percetakan esa grafika – http://esagrafika.blogspot.com/, sewa mobil – http://nabitha.blogspot.com/, dan lain sebagainya. Dengan penggunaan web blog gratisan biaya promosi produk dapat diminimalkan.

Kendala network/koneksi ?, sekarang juga tidak jadi masalah. Anda dapat bergabung ke situs social network seperti facebook dan twitter. Lewat facebook dan twitter, Anda dapat menjalin pertemanan dengan berbagai orang di belahan dunia. Anda dapat menjalin pertemanan dengan orang penting. Anda dapat mencari target untuk pemasaran produk. Anda juga dapat bergabung dengan group maupun komunitas yang ada di social network. Salah satu contoh adalah Pak Haryadi, beliau adalah tukang becak yang memanfaatkan facebook sebagai sarana mencari pelanggan becaknya, Lewat facebook, dia mendapat banyak langganan dari turis-turis mancanegara yang ingin berkeliling menikmati indahnya kota Yogyakarta.

Contoh lainnya adalah Ippho Santosa- Pakar Otak Kanan. Beliau memanfaatkan social media twitter, untuk membentuk kumpulan pejuang bisnis. Di twitter @hanya2menit, beliau menginspirasi, memberikan tips trik, dan mengajak berjuang untuk saling berbisnis secara bersama-sama.

Sebelum memulai berbisnis online, Ada yang tidak boleh dilupakan. Anda perlu menentukan

  • ingin bisnis apa ?,
  • Apa impian Anda terkait bisnis tersebut (visi dan misi) ?,

­- dan siapa target market Anda ?

Nah, kendala-kendala klasik (kurang modal, kurang skill, kurang network/koneksi)untuk memulai bisnis sudah terjawab. Ilmu tidak bermanfaat kalau tidak diamalkan. So LET’S TAKE ACTION !!! 🙂

Iklan