From Ngasal to Massal “Kupas Tuntas Problem IT” Book Story

From “Ngasal” to “Massal” ?, Ngasal dari bahasa jawa berarti “asal-asalan”, massal dalam hal ini berarti tersebar secara luas (umum). Begitulah kurang lebih gambaran umum perjalanan lahirnya buku saya yang pertama “Kupas Tuntas Tren Problem IT

Berawal dari target magang di SAT PUSKOM UNS, sebelum diterima magang setiap peserta ditanyai target yang ingin dicapai apabila diterima magang. Dan alhamdulillah saya diterima sebagai maganger SAT PUSKOM UNS 2011. Salah satu target saya adalah menerbitkan sebuah buku. Berhubung dulu sering jalan dengan salah seorang teman ahli seo dan social network: Gilang Romadhon Aprianto, saya berniat ingin membuat sebuah buku tentang pemanfaatan social network untuk bisnis berkolaborasi dengan beliau. Biasa niat di awal itu masih semangat-semangat. Namun karena pada saat itu juga sibuk magang di B2P2TO2T Tawangmangu bersama Gilang Romadhon Aprianto (ahli Socmed), dan Linggar Habsoro Sundoro (ahli desain grafis), akhirnya rencana untuk membuat buku dengan topik tersebut tidak tertunaikan, alias telantar :D. Tetapi setidaknya kami berhasil menelurkan sebuah dokumen panduan pemanfaatan google docs yang menurut saya amazing ?, mengapa ?, karena kami buat bersama-sama secara real time langsung lewat google docs.

image 

Berbulan-bulan mengerjakan projek magang B2P2TO2T hingga akhir desember 2011. Setelah itu, teringat target magang, saya akhirnya dapat ide lain untuk dijadikan buku. Tutorial-tutorial seputar mengatasi problem IT. Mengapa ?, ya karena biar cepet selesai saja, karena 31 Maret 2012 magang saya di SAT PUSKOM UNS berakhir :). Tinggal tulis aja, problem solving yang biasa kita lakukan, printscreen, dibukukan, jadi deh sebuah buku. di Bulan Januari paling baru nulis-nulis sedikit terus kebawa males, nggak nulis. Baru di pertengahan februari semangat nulis lagi #ngejardeadline :D. Awalnya judul buku “Secret Troubleshooting Collection”. Kemudian saya sebar deh hasil tulisan saya ke temen-temen saya via social media maupun offline. Dapat masukan saya edit lagi, kemudian judul diubah menjadi lebih friendly “Kupas Tuntas Tren Problem IT”, sebar lagi 😀

Sampai pertengahan maret, saya anggep sudah fix karena pengen ngerjain yang lain juga. Terus muncul di pikiran, “ini sayang kalo cuma dikasihkan sebagai pertanggungjawaban magang”. Iseng-iseng googling cara menerbitkan buku IT ketemu situs mas Slamet Riyanto dan prosedur menerbitkan buku di ELEX MEDIA KOMPUTINDO. Dari situ nekat aja saya nyoba ngirim naskah itu ke ELEX MEDIA. Kalo keterima alhamdulillah, kalo nggak keterima setidaknya target magang dah terpenuhi #meskipun ganti topik :D.

20 Maret saya kirimkan softfile tersebut ke elex media. 26 Maret 2012 baru mendapat balasan proposal buku akan direview. “waduh baru masuk review”, berhubung belum wujud buku dan sudah masuk akhir magang, softfile pun saya print dan fotocopy sendiri kemudian saya kumpulkan untuk pertanggungjawaban saya di PUSKOM

image

Setengah berharap setengah enggak, sebenarnya berharap juga sih :D, 26 April 2012 mendapat pemberitahuan proposal naskah disetujui untuk diterbitkan dan diminta naskah komplitnya. Sebelumnya pas pengajuan sudah saya sertakan lagi, kemudian karena diminta saya kirim ulang. Alhamdulillah ternyata bisa diterbitkan. Menunggu lumayan lama. “Dan merasa ini kok lama ya, apa jangan-jangan nanti disuruh banyak revisi, koreksi, ato jangan-jangan tidak jadi terbit,dll?”

pertanyaan tersebut akhirnya terjawab juga, tau-tau 9 juli 2012 mendapat surat perjanjian terbit untuk buku “Kupas Tuntas Problem IT”. Gila sambil nggak percaya, tanpa disuruh revisi ato apa langsung terbit.. Alhamdulillah 🙂

”Maka ni`mat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?” (QS Ar Rahman :13)

image

esoknya lalu bergegas mencari KTP, NPWP, menandatangani surat perjanjian terbit lalu saya kirim balik ke elexmedia 🙂

Arif mengucapkan terima kasih banyak kepada teman-teman dan semua pihak yang mendukung, membantu, menginspirasi, menerbitkan, mendistribusikan, mereview, membaca, maupun memberikan kritik dan saran terhadap buku ini.

Thanks for All 🙂

kupas-tuntas-problem-it-arifrohmadi

Iklan

Tentang arifrohmadi

Mahasiswa Informatika yang berusaha untuk menjadi lebih baik dan lebih baik lagi serta dapat berbagi dan bermanfaat bagi orang lain
Pos ini dipublikasikan di Experience. Tandai permalink.

13 Balasan ke From Ngasal to Massal “Kupas Tuntas Problem IT” Book Story

  1. Nue berkata:

    keep inspiring master 🙂

    aniwai kontrak terbit i berapa tahun toh master?

  2. Nue berkata:

    berapa eksemplar toh sekali cetak master?

  3. Ping balik: Rive » Buku Pertama Saya – Kupas Tuntas Problem IT

  4. Sonny Hendrawan Saputra berkata:

    Subhanallah, selamat ya Arif.Hebat banget. Masih inget waktu kamu nganter kopian tulisan kamu itu ke ruangannya Pak Sutanto dan aku langsung baca juga, Keren 🙂

  5. sangat inspiratif kisahnya …. luar biasa memang sosok seorang Arif Rohmadi ini … tetap berkarya dan saya tunggu kabar baik selanjutnya …

  6. erinherinawati berkata:

    keren ariiff….
    banyak membantu ini infonya ^_^
    aniwai, perpanjangan kontrak itu dilihat dari segi apa sih?

  7. Hamidi berkata:

    Subahanallah, semoga sukses mas.
    bagi-bagi mas tip’s dan triknya. Sukses trus dengan karya-karya yang lainnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s