Career Workshop & Professional Grooming with Caring Colours (Martha Tilaar Group) in Sebelas Maret University

25032013(001) 25032013(002) 25032013(001)

Tanggal 25 Maret 2013 LPP UNS (Universitas Sebelas Maret) bekerjasama dengan Martha Tilaar Group menyelenggarakan workshop/seminar karir mahasiswa dengan tema “Kiat Mensikapi Perjanjian Kerja dan Wawancara.” Tujuan dari workshop/seminar karir ini adalah memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada mahasiswa tingkat akhir agar dapat mencermati dan mensikapi perjanjian kerja dan wawancara, cara berpenampilan dan bersikap saat wawancara.

Ada 3 pemateri pada workshop tersebut yaitu: mbak rika (Brand Manager Martha Tilaar), mbak vonny (Event Specialist Manager Martha Tilaar), dan Pak Slamet Djatmiko (Corporate Legal Manager)

Sesi 1, Mbak Rika menjelaskan bahwa persaingan di dunia kerja itu sangat ketat dan tidak mudah, untuk itu perlu kegigihan dan semangat pantang menyerah. Selain itu penampilan juga penting terlebih bila bidang kerja yang digeluti sering menuntut untuk bertemu dan menjalin kerjasama dengan orang lain.

Sesi 2, Mbak Vonny, memberikan penjelasan tentang pentingnya kesan pertama saat wawancara. Kesempatan itu hanya sekali, jadi persiapan menghadapi wawancara merupakan hal yang penting.

Mbak vonny juga membahas mengenai sikap tubuh. Posisi berdiri yang benar untuk wanita adalah posisi jam 10 kurang 10 atau 10 lewat 10, otot perut harus ditarik dan dagu rata-rata air. Sedangkan untuk pria cukup dengan berdiri tegap, dengan tangan terbuka. Sebelum duduk pastikan kursinya ada.

Pada saat wawancara, tangan jangan terlalu banyak bergerak, nanti pewawancara jadi tidak konsen karena melihat tangan Anda. Pastikan tatap mata Anda tidak lebih rendah dari hidung pewawancara. Jangan menggoyangkan kaki saat wawancara atau di hadapan pewawancara.

Tata rambut ideal untuk wanita: poni jangan lebih panjang dari alis mata & rambut dekat telinga ditarik ke belakang. Untuk tata rias saat wawancara (pria atau wanita) adalah yang sopan dan memberi kesan fresh serta bersih. Jangan berdandan berlebihan

Sesi 3, Kiat menyikapi perjanjian kerja dan teknik wawancara oleh Pak Slamet Djatmiko.

Tips wawancara:
– Siapkan mental. Tanamkan sikap positif, berlatihlah bicara & jaga kesehatan agar tetap fit saat wawancara
– Jangan duduk sebelum dipersilakan
– Jangan menenteng tas pada saat wawancara
– First impression matters
– Jangan terlalu sering bilang maaf
– Hati-hati dengan pertanyaan jebakan/pancingan. Biasanya pewawancara hanya menguji apakah interviewee punya prinsip atau tidak.

Masuk ke perjanjian kerja, untuk surat perjanjian kerja harus rangkap dua. Yang kita terima adalah yang materainya ditanda tangani oleh pihak perusahaan. Jangan pernah menandatangani perjanjian kerja sebelum membacanya dengan seksama. Jangan pula menandatangani perjanjian kerja yang ketentuannya tidak Anda sukai. Itulah pentingnya membaca dengan seksama.

Tiga kiat perjanjian kerja : TLT = Tegas, Lugas, Tuntas

Iklan

Tentang arifrohmadi

Mahasiswa Informatika yang berusaha untuk menjadi lebih baik dan lebih baik lagi serta dapat berbagi dan bermanfaat bagi orang lain
Pos ini dipublikasikan di Experience. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s