Membangun UMKM Indonesia yang Berdaya Saing Global

Brosur Seminar

Bagaimana membangun UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Indonesia yang berdaya saing global ?, Terasolo dan Komunitas Memberi menghadirkan beberapa pakar untuk memberikan solusi dari permasalahan tersebut

Mbak Ayu Aryani – Owner Reina Café menghadapi persaingan global yang ada, dia membangun sebuah café yang lain daripada yang lain. Reina Café – café minuman herbal. Bila di café-café lain biasanya menyuguhkan minuman seperti kopi dan lainnya, Reina Café menyuguhkan aneka jamu. Jamu-nya pun berbeda dengan yang ada di pasaran, jamu yang disajikan di Reina Café ini rasanya lebih manis.

Memiliki daya saing global tidak harus export, bisa dengan memaksimalkan pasar nasional terlebih dahulu. Untuk berdaya saing global, perlu menjadi berbeda. Salah satu untuk menjadi berbeda bisa dengan menonjolkan apa yang menjadi khas Indonesia.

Pembicara kedua, Mas WahyuLiz owner AdaideAja Corp memberikan penjelasan tentang Tambal Brand (UKM Lokal Tampilan Global). Untuk bersaing global, sebuah UMKM itu perlu menjadi unik dan berbeda. Sebab kalau sudah beda itu tidak ada pembandingnya. Kalau sekedar produk lebih baik masih banyak pembanding yang lebih baik.

Supaya bisa menjadi unik, berbeda, tanpa meninggalkan esensi/nilai/value dari produk yang dijual, kenali customer Anda dan lebih penting lagi kenali produk Anda sendiri.

Menurut Mas WahyuLiz, Creative Branding itu ada 3 : SAIR (inspirasi nama-nama yang bagus), SARI (nilai yang terkandung di dalamnya), dan SIAR (komunikasi).

Inspirasi bisa datang dari hal hal yang sederhana yang sering kita lihat, sering ada disekitar kita.

image

image

image

Lalu bagaimana untuk menangkap peluang bisnis ?, bisa dari 3 hal: 1.hobi 2.masalah 3.kondisi

Pembicara Terakhir, Pak Yuswohady mengusung topik “Beat The Giant”. Bagaimana yang kecil bisa mengalahkan yang besar.

Di Indonesia ada sekitar 55 juta ukm, sementara perusahaan besar hanya sekitar 5rb. UKM menyerap 80% lebih tenaga kerja, sementara perusahaan besar hanya menyerap kurang dari 20% tenaga kerja. Jadi UKM ini memiliki peran yang luar biasa di negara kita ini. Produk-produk UKM di Indonesia banyak yang bagus-bagus, tetapi mengapa belum mampu bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar ?, karena masih banyak yang belum mengerti tentang branding dan marketing.

Branding bisa dari 2 hal :

1. fungsi

contoh branding dari sisi fungsi, menekankan kualitas produk. MIsalnya seperti: ayam goreng bu suharti

2. emosi

contoh branding dari sisi emosi, bukan jualan produk melainkan menjual experience. MIsalnya starbucks dengan konsep “to see and to be seen

Untuk bisa bersaing di tingkat global, UMKM harus

1. membangun brand (brand builder)

2. kreatif

3. melek teknologi

Pengembangan brand sebenarnya tidak identik dengan mahal, bisa disiasati dengan kreativitas dan memanfaatkan teknologi yang ada seperti social media.

Contoh kreatif bisa kita lihat promosinya D’Cost yang mengusung konsep “kualitas bintang 5, harga kaki lima

Diskon berdasar umur

diskon-berdasar-umur

Hamil baru bayar

Diskon gerombolan

Dokumentasi Acara:

seminar
Mbak Ayu Aryani
WahyuLiz
Mas WahyuLiz
Pak Yuswohady
Pak Yuswohady
Produk dari Lilin
salah satu produk ukm, terbuat dari lilin
Mas Jaka with Souvenir
Penyerahan souvenir oleh Mas Jaka, membuat karikatur keren hanya dengan Microsoft Word
Foto Bareng
foto bersama

semoga bermanfaat Smile

referensi : Terasolo, Ayu Aryani, WahyuLiz, Yuswohady, D’cost

Iklan

Tentang arifrohmadi

Mahasiswa Informatika yang berusaha untuk menjadi lebih baik dan lebih baik lagi serta dapat berbagi dan bermanfaat bagi orang lain
Pos ini dipublikasikan di Experience. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s