Keistimewaan Otak

Menurut Profesor Mark Rosensen Weis dari Universitas California yang telah menghabiskan bertahun-tahun lamanya untuk mempelajari kemampuan penyimpanan memori pada otak manusia, ia berhasil menyingkap bahwa kemampuan penyimpanan memori otak manusia sangat besar hingga tidak seorang pun mampu menghitungnya.

Seandainya otak manusia disuplai secara sempurna dengan informasi setiap detiknya, maka diperkirakan selama 60 tahun siang malam tanpa henti penyuplaian informasi ini tidak memenuhi otak. Salah satu fakta yang ditegaskan para ahli ilmu, bahwasanya ada 10 juta sel syaraf tersembunyi dalam otak. Dan ukuran otak tidak ada kaitannya dengan kepandaian. Sebagai tambahan informasi:

  • Otak manusia dapat melakukan 400 juta tugas menghitung dalam 1 menit
  • Manusia dapat mengolah hingga 30 juta informasi setiap detik
  • Kemampuan akal manusia untuk menyampaikan informasi menyamai 60 ribu mil kawat dan kabel yang kita gunakan untuk menyampaikan informasi seperti pada telepon kabel.
  • Rata-rata manusia memiliki 28 juta neuron. Neuron adalah sel syaraf yang bertugas menjalankan dorongan syaraf. Tanpa neuron, system syaraf kita sekali-kali tidak mampu mengartikan informasi yang kita temui dari jalan anggota tubuh pengindera, tidak mampu memindahkannya ke otak, tidak mampu membawa isyarat yang dikirim dari otak, dan tidak mampu membimbing kita untuk melakukan apa yang harus kita lakukan. Padahal setiap neuron diibaratkan seperti alat penghitung yang berukuran kecil, yang memiliki kebebasan pribadi dan mampu menangkap kira-kira 1 juta info

sumber: Metode Cepat Hafal Al-Qur’an – Dr.Yahya bin ‘Abdurrazaq Al-Ghausani

Iklan